Melati Air

Melati air merupakan tanaman hias bunga outdoor
Melati Air ("Echinodorus palaefolius") adalah tanaman air yang gampang untuk dipelihara, selain bentuknya bagus dengan bunga putih yang selalu bergantian, melati air dapat tumbuh disemua tempat dari tempat dataran rendah seperti Jakarta hingga dataran tinggi.

Melati air termasuk tanaman air yang bandel dan minim perawatan. Mempunyai akar yang banyak, dengan daun berwarna hijau selebar telapak tangan orang dewasa (+/- 25 cm), Tanaman dewasa akan setinggi +/- 40 cm. Tangkai bunga akan muncul dengan dahan yang ditumbuhi oleh sederetan kuncup yang siap mekar bergantian, bunga melati air berwarna putih cerah, bunga melati air ini tidak harum.  Setelah batang / ranting bunga habis berbunga, dari setiap kuncup bunga yang akan keluar daun kecil serta akar, untuk mengembangbiakan cukup potong batang / ranting bunga tadi dan di taruh ditempat lumpur yang berair.

Pengembangbiakan Melati Air

Media tanam

Melati air cocok ditempatkan pada sebuat pot yang mempunyai permukaan lebar,  media tanam dapat digunakan tanah dicampur dengan pupuk kambing serta lumpur.  Bagi yang sulit mencari lumpur sebagai media tanam dapat menggunakan sisa - sisa daun-daun tanaman, sisa - sisa daun  ini direndamkan kedalam media tanah agar membusuk dan menjadi lumpur.  Pemakaian pupuk kambing jangan terlalu banyak karena menyebabkan panas dan juga kotoran kambing yang basah akan menyebabkan bau tidak sedap. Perbandingan media tanam ideal adalah lumpur 2 : Tanah merah 1.

Pengembangbiakan Melati Air

Tempatkan bibit melati air ditempat yang agak ternaungi agar bunga kuat dan tidak terbakar matahari, setelah batang / ranting dan daun menjadi besar dan lebar dapat dipindahkan di pot tersendiri. Untuk pengembangbiakan tanaman muda dapat menggunakan ember yang mempunyai permukaan lebar, setelah sedikit besar dapat dipindahkan dengan menggunakan pot dari ember semen yang banyak dijual di toko bangunan seharga Rp.5000,-

Pengembang biakan dengan media lumpur / tanah berair

Rumpun melati air yang telah besar dan banyak rumpun sebaiknya dipisahkan, karena melati air ini banyak mempunyai akar yang akan menghabiskan pot. Pemisahan dilakukan dengan hati-hari agar tanaman tidak mati atau stress.

Penjualan Melati Air

Kami menjual tanaman hias bunga Melati air melalui Tokopedia.com, spesifikasi bibit tanaman yang kami jual adalah:

  • Tinggi tanaman = 20-40 cm
  • Dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah
  • Asal bibit = pemisahan rumpun
  • Media tanam = pot dengan media lumpur

Silahkan klik Melati Air di Tokopedia.com

Comments

Popular Posts